//
you're reading...
Beasiswa Terbaru

Research and Academic Writing Colloquium 2013

Indonesia berupaya terus mengejar ketertinggalanya dalam produksi ilmu pengetahuan dibandingkan dengan bangsa- bangsa lain terutama Asia, baik dalam jumlah publiaksi ilmiah maupun paten. Kendala utama yang dihadapi para peneliti adalah memenuhi standar internasional dalam penulisan karya ilmiah, yang pada giliranya berakibat pada minimnya pasokan artikel bermutu bagi jurnal-jurnal ilmiah. Dengan sumberdaya manusia dan alam yang melimpah Indonesia berusaha keras untuk tampil sebagai pemain utama untuk menghasilkan pengetahuan. Kemampuan menghasilkan pengetahuan menjadi salah satu indikator keunggulan suatu negara dalam persaingan global.

Pemanfaatan pendidikan dan penelitian pascasarjana merupakan terobosan mengatasi kebuntuan produksi pengetahuan, untuk tidak hanya mengolah dan menghasilkan pengetahuan-pengetahuan baru melainkan juga untuk menyebarluaskanya di berbagai komunitas keilmuan serta masyarakat luas secara umum. Pada tataran pascasarjana inilah tulang punggung universitas riset diletakan dan aktifitas-aktifitas risat yang berkelas dunia dapat dirintis serta diwujudkan.

Berdasar pada perkembangan penelitian pasca sarjana dan pengalaman dalam menyelenggarakan Student Research Colloquium 2012, Jurnal Makara Seri Sosial Humaniora kembali menyelenggarakan sebuah ajang gelar penelitian di bidang social humaniora untuk tataran pascasarjana dengan tajuk Research and Academic Writing Colloquium 2013. Dalam forum ini, peneliti pascasarjana dari berbagai wilayah di Indonesia yang telah melalui proses seleksi ketat menyajikan dan menajamkan hasil-hasil penelitian mereka sehingga siap untuk diterbitkan dalam jurnal-jurnal ilmiah nasional terakreditasi ataupun jurnal-jurnal ilmiah internasional, serta memperoleh pemahaman yang lebih mendalam mengenai metode penelitian ilmiah

Pendaftaran dan Seleksi

Pendaftaran dimulai pada 1 April 2013 dan ditutup pada 14 Juni 2013. Peserta mengisi formulir kesediaan mengikuti kolokium dan menyerahkan daftar riwayat hidup lengkap, fotokopi kartu identitas yang masih berlaku, naskah ilmiah hasil penelitian, serta surat rekomendasi dari institusi pendidikan untuk keikutsertaan dalam kolokium ini. Semua kelengkapan dikirimkan kepada panitia kolokium melalui pendaftaran yang tersedia di website :

selambat-lambatnya pada 21 Juni 2013. tidak dikenakan biaya untuk pendaftaran.

Data pada naskah yang diterima panitia akan dipelajari dan diseleksi oleh sebuah tim seleksi yang dibentuk panitia dan melibatkan Ketua Editor dan para anggota Dewan Editor Jurnal Makara Seri Sosial Humaniora. Seleksi naskah dilakukan berdasarkan kriteria:

1. Orisinalitas/Kebaruan gagasan.

2. Relevansi dengan kehidupan nyata.

3. Kontribusinya pada ilmu pengetahuan terkait

4. Kohesi dan koherensi gagasan.

5. Kerapihan formal naskah

Orisonalitas/ Kebaruan: Hasil penelitian menawarkan pemahaman baru atas sesuatu, atau cara baru untuk melakuakn sesuatu, atau solusi bagi suatu permasalahan, atau model penelitian baru atas sesuatu yang belum pernah digagas sebelumnya oleh orang lain.

Relevansi: Hasil penelitian memiliki relevansi signifikan dengan kehidupan nyata pada sektor-sektor sosial, budaya, politik, ekonomi, institusi, dan kemanusiaan, yang meliputi aspek kekinian dan urgensi penelitian, dengan ditunjang oleh acuan primer yang mutakhir.

Kontribusi: Hasil penelitian memberikan kontribusi bagi perkembangan ilmu pengetahuan terkait dan menjadi bagian dari dari continuum serta dialog ilmiah dalam komunitas ilmunya.

Kohesidan Koherensi: Naskah penelitian dibangun diatas organisani gagasan yang logis, sistematis, jelas, dan utuh, sebagaimana tercermin dalam alur pikiran, pembagian bab dan sub-bab, serta bobot argumentasi.

Kerapian: Naskah penelitian disiapkan, ditulis, dan disajikan secara rapi, baik dari segi format maupun bahasa, yang meliputi aspek-aspek ketaatazasan, ketelitian, dan kelugasan. Format naskah mengikuti petunjuk format Jurnal Makara.

Baik peserta yang naskahnya diterima maupun ditolak akan diberi kabar tentang hasil keputusan tim seleksi selambat-lambatnya pada 31 Juli 2013 melalui email. Keputusan tim seleksi tidak dapat diganggu gugat.

Peserta yang diterima wajib membuat surat pernyataan kesediaan mengikuti seluruh acara kolokium dan mematuhi semua persyaratan keikutsertaan yang ditetapkan panitia, diatas kertas dengan materai Rp.6000.

PESERTA

Jumlah peserta kolokium adalah maksimum 20 orang, yang akan dipandu oleh 4 orang pendamping (coach) dari latar belakang ilmu terkait selama kolokium berlangsung.

(Sebaiknya setiap peserta membawa laptop sendiri)

PERSYARATAN FORMAL NASKAH

Naskah ilmiah dicetak dengan jenis font Times New Roman, spasi 1,5, dan marjin pada ke-empat sisi sebesar 1″. Naskah disertai dengan abstrak sepanjang maksimum 200 kata dan kata-kata kunci, serta daftar pustaka lengkap. Panjang naskah adalah 15-20 halaman kuarto atau A4.

Naskah dikirimkan dalam format Word Document, dengan disertai halaman sampul berisi judul naskah, nama lengkap penulis, institusi asal penulis, dan nama acara (Research and Academic Writing Colloquium 2013, Jurnal Makara Seri Humaniora).

BIAYA

Biaya keikutsertaan dalam kolokium ditanggung oleh panitia penyelenggara, yang meliputi: biaya transportasi (darat/udara/laut), akomodasi, konsumsi, dan administrasi.

Peserta terpilih membeli tiket perjalananya sendiri dan biaya perjalanan akan diganti setelah peserta tiba di tempat acara, dengan menyerahkan bukti pembelian tiket perjalanan p.p. dan/atau bukti pengeluaran biaya perjalanan .

Biaya tersebut belaku hanya untuk peserta writing yang lolos seleksi.

pendaftaran

Pendaftaran dibagi menjadi 2 bagian

1. Pendaftaran Khusus seminar

2. Pendaftaran Writting

Klik link dibawah ini untuk pendaftaran Khusus Seminar RAW

pendaftaran seminar

 Klik link dibawah ini untuk pendaftaran Writing kolokium

pendaftaran Writing

Semua korespondensi berkaitan
dengan kolokium ditujukan pada:

Citra Wardhani, M.Si.
Jurnal Makara Seri Sosial-Humaniora
Gedung DRPM-UI Lantai 2
KampusUniversitas Indonesia
Depok 16424
Tel. (021) 727-0152
Fax (021) 7884-9119

Email citrawardhani@yahoo.com
cc:

editor_mssh@ui.ac.id
editor.makara@gmail.com

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow Lilium Interspinas on WordPress.com

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 12 other followers

arsip

Blog Stats

  • 33,075 hits
%d bloggers like this: