//
you're reading...
Kasus Wisma Atlet

Babak Baru ‘Pertarungan’ Anas Vs SBY

Jumat, 17 Februari 2012 | 21:12 WIB

 

INILAH.COM, Jakarta – Di balik hiruk-pikuk kasus hukum Wisma Atlet, ada sisi lain yang tak kalah menarik yakni soal dinamika internal partai. Sinyalemen ‘pertarungan’ Anas terhadap Ketua Dewan Pembina SBY sulit ditutupi. Akankah memenangkan ‘pertarungan’ ini?

‘Habis jatuh, tertimpa tangga’ pepatah populer itu tampaknya pas menggambarkan kondisi Anas Urbaningrum saat ini. Betapa tidak, selain namanya dikaitkan dengan perkara hukum kasus wisma atlet, posisi kursi Ketua Umum Partai Demokrat yang ia duduki saat ini juga mendapat goyangan. Mulai soal wacana penonaktifan dari kursinya hingga yang termutakhir soal pelanggaran kode etik akibat praktik politik uang dalam kongres dua tahun lalu.

Untuk melihat situasi kekinian Anas Urbaningrum, Partai Demokrat, dan SBY cukuplah tepat jika mereview awal mulanya bekas Ketua Umum PB HMI ini maju sebagai Ketua Umum Partai Demokrat dalam Kongres II Partai Demokrat, Mei 2010 lalu. Dengan cara ini, dapat lebih mudah melihat posisi politik saat ini.

Salah satu pengurus pusat Partai Demokrat menyebutkan situasi politik yang dialami Anas Urbaningrum saat ini di Partai Demokrat ibarat “Kongres ke-IV”. Kongres Pertama saat melawan Andi Mallarangeng dan Marzuki Alie di putaran pertama.

Kongres kedua, saat Anas melawan Marzuki Alie dan Andi Mallarangeng di putaran kedua. Kongres ketiga saat Rapat Koordinasi Nasional 23 Juli 2011 lalu. “Dan kongres IV saat ini,” ucapnya kepada INILAH.COM di gedung DPR, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (17/2/2012).

Pengistilahan Kongres IV dapat dimaklumi sebagai ‘perang politik’ tak ringan yang saat ini tengah dihadapi Anas Urbaningrum. Perang politik antara Anas dengan SBY sejatinya telah dimenangkan Anas dalam tiga perang politik sebelumnya, yakni saat Kongres II Partai Demokrat lalu.

Sebagaimana dimaklumi, saat kongres lalu, Anas tak mendapat dukungan dari SBY. Dukungan putera bungsu SBY, Ibas Yudhoyono serta para menteri Kabinet Indonesia Bersatu II dari Partai Demokrat kepada Andi Mallarangeng menjadi sinyal terang atas keberpihakan SBY.

Begitu pula saat putaran kedua antara Marzuki Alie dan Anas Urbaningrum, pengalihan suara dari Andi Mallarangeng kepada Marzuki Alie juga sinyal yang sulit dibantah, bila Anas sejatinya tak dikehendaki SBY. Namun atas nama demokrasi dan netralitas, tentunya SBY tak secara terbuka menolak keberadaan Anas sebagai Ketua Umum Partai Demokrat.

Sumber tersebut optimistis, bila kemelut yang saat ini mendera Partai Demokrat dan Anas Urbaningrum dapat segera teratasi. “Saya yakin, Juli mendatang masalah ini selesai. Harus ada kompromi di antara pihak-pihak di internal Partai Demokrat,” tambah sumber tersebut.

Pilihan Juli disebutkan karena bulan itu dijadwalkan UU Pemilu telah usai dibahas oleh DPR dan pemerintah yang berarti tahapan pemilu mulai dilakukan. Kesiapan partai politik dalam menghadapi pemilu mutlak dilakukan. “Kalau tidak ada kompromi, Partai Demokrat bisa hancur,” tambahnya.

‘Perlawanan’ Anas kepada SBY jelas tak bersifat konfrontatif. Apalagi, jika menilik keduanya yang berlatar belakang Jawa, sulit menjumpai langkah konfrontasi baik dari Anas maupun SBY dalam merespons setiap masalah. Faktanya, “perlawanan” Anas ke SBY selama ini dengan mulus dimenangi Anas. Akankah “perlawanan” saat ini juga demikian? Kita lihat saja perkembangannya

Sumber

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow Lilium Interspinas on WordPress.com

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 12 other followers

arsip

Blog Stats

  • 33,075 hits
%d bloggers like this: