//
you're reading...
Intermeso

YPHI DAN TIFA SUSUN INSTRUMEN MONITORING & EVALUASI PELAYANAN PUBLIK

Bertempat di kantor Yayasan Pengkajian Hukum Indonesia (YPHI), Kamis (11/8) diadakan diskusi terbatas mengenai model penyusunan instrumen dan evaluasi monitoring pelayanan publik. Menurut ketua tim penyusunan ini, Wagiman pembuatan instrumen ini merupakan bagian dari program yang dibiayai oleh Tifa Foundation. Diskusi terbatas dihadiri langsung oleh reviwer Tifa Foundation, Renata Arianingtyas dan Anang Setiyawan tenaga ahli di bidang Hukum HAM dan Kependudukan. Diskusi ini juga dihadiri oleh Petrus Beda Peduli dari lembaga Ombudsman RI, Kiki Setiawan dari Frans Winarta & Partners, Wagiman dan Apriguno Putrantio dari YPHI.

Diskusi diawali dengan pemaparan kajian peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan pelayanan publik. Pada tahap selanjutnya disampaikan model instrumen monitoring yang telah disusun oleh tim ahli. Terdapat beberapa masukan atas model instrumen tersebut, terutama dari perwakilan Tifa dan Ombudsman. Untuk tahap selanjutnya, masukan-masukan tersebut diakomodir oleh tim ahli guna perbaikan instrumen.

Pentingnya Monitoring

Pelayanan Publik adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa dan/atau pelayanan administrasi yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik. Dalam menjalankan pelayanan publik terdapat standar pelayanan, yaitu suatu tolak ukur yang dipergunakan sebagai pedoman dalam penyelenggaraan pelayanan. Disamping itu standar pelayanan dapat dijadikan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan janji penyelenggara kepada masyarakat dalam rangka pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur. Agenda selanjutnya pasca tersusunnya instrumen monitoring berupa uji coba penggunaan instrumen di tiga kota, yaitu Batam, Makasar, dan Singkawang.***

Sumber :http://yphindonesia.org

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow Lilium Interspinas on WordPress.com

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 12 other followers

arsip

Blog Stats

  • 33,077 hits
%d bloggers like this: